Besi Dengan Kualitas Tinggi

Besi dengan Kualitas Tinggi - Besi merupakan logam yang sudah banyak digunakan oleh manusia bahkan sejak jaman dahulu. Dalam bidang konstruksi, besi memegang peranan penting dalam menentukan konstruksi bangunan.

Besi Dengan Kualitas Tinggi
Sumber : Distributor Alat Ukur & Alat Uji
Dengan besi yang baik maka kekuatan konstruksi bangunan juga akan baik. Di Indonesia sendiri, standar besi yang baik sudah ditentukan dengan tanda SNI (Standar Nasional Indonesia). Besi dengan logo SNI itu berarti besi telah memenuhi standar pengujian SNI dan layak digunakan. Lantas bagaimana ciri besi dengan kualitas tinggi yang memenuhi standar SNI, berikut adalah ciri - cirinya :

Ciri Besi Dengan Kualitas Tinggi yang sesuai dengan SNI :

1. Terdapat Label Atau Cap

Ciri pertama yang paling mudah dilihat adalah dari label atau cap pada besi, besi dengan kualitas baik pastilah akan memiliki label SNI. Cap atau label ini juga dapat menunjukkan produsen pembuat besi tersebut dan dalam label tersebut biasanya terdapat tanda kapan besi dibuat. Label umumnya berbentuk huruf timbul dengan inisial produsen, berat, panjang, atau ukuran lainnya, sebagai contohnya pada besi beton label bisa dilihat ujung besi. Biasanya label akan dicetak dengan warna permanen agar tidak mudah hilang, bila besi sudah memenuhi kriteria SNI maka nantinya akan ada informasi mengenai nomor SNI.

2. Warna Sesuai Jenis

Tiap besi pada umumnya memiliki warna yang sesuai dengan jenisnya, tidak hanya itu saja karena label yang ada pada besi juga memiliki warna yang berbeda sesuai kelasnya. Sebagai contohnya besi dengan kelas BJTP 4 mempunyai warna label hitam, sedangkan besi BJTP 30 berwarna biru dan BJTS 35 berwarna merah.

3. Ukuran Besi

Setiap besi sebenarnya diharuskan memiliki standar yang sesuai SNI dan setiap besi harus memiliki ukuran yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Meskipun ada perbedaan akan tetapi perbedaannya hanya sekitar satu persen saja. Sebagai contohnya besi dengan kualitas BJTP 10 harus mempunyai diameter 10 mm atau besi beton harus memiliki panjang 12 m, pengurangan ukuran besi tentu akan berakibat terhadap kuat atau tidaknya pondasi dan struktur bangunan.

4. Kekuatan Besi

Anda mungkin berpikir setiap besi pastinya kuat menopang bangunan, padahal kekuatan standar tiap jenis besi umumnya berbeda - beda. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengetahui kekuatan dari masing - masing jenis besi tersebut apabila akan digunakan dalam struktur bangunan. Kekuatan besi ini dapat Anda uji menggunakan alat uji kekerasan atau hardness tester.

5. Harga

Harga besi juga dapat menjadi acuan dari kualitas besi karena besi dengan kualitas baik pastilah akan memiliki harga yang lebih mahal. Namun harga yang mahal juga ditentukan dari jarak distributor atau toko material dengan pabrik pembuatannya. Akan tetapi faktor ini biasanya tidak akan menyebabkan perbedaan harga yang cukup besar.

0 Response to "Besi Dengan Kualitas Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel