Mengatasi Getaran Pada Mobil

Mengatasi Getaran Pada Mobil - Apakah mobil Anda mengalami getaran yang berlebihan? hal ini tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan selama berkendara. Bila mobil Anda mengalami hal tersebut maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Mengatasi Getaran Pada Mobil

Bila mobil Anda bergetar maka hal ini dapat berasal dari bagian suspensi, ruang mesin dan bodi. Jadi bila mobil Anda mengalami bergetar maka periksalah bagian tersebut. Bila Anda memeriksa bagian suspensi maka mulailah periksa dari ban, ball joint, shock absorber hingga bearing.

Apabila tapak ban sudah mulai menipis maka kemampuan ban dalam meredam getaran dari gesekan ban dengan jalan akan berkurang, untuk itu pastikan ban dalam kondisi yang layak pakai. Sebagai contohnya ban mobil yang telah digunakan selama 3 tahun maka sebaiknya ban untuk segera diganti, hal ini bertujuan agar elastisitas si karet bundar berada dalam tingkat maksimal. Selain itu ban yang sering mengalami bocor dan sering ditambal sebaiknya segera diganti.

Mengatasi Getaran Pada Mobil

Selain itu getaran berlebih juga dapat disebabkan karena ketidakseimbangan keempat roda mobil tersebut. Anda dapat melakukan spooring dan balancing secara berkala untuk mengatasinya, lakukan hal tersebut setidaknya setiap mobil menempuh jarak perjalanan 20.000 kilometer. Akan tetapi Anda harus lebih sering melakukan balancing pada mobil yang sering digunakan pada medan berat secara kontinyu ketimbang mobil yang hanya digunakan di jalan mulus.

Bagian rem juga dapat menjadi penyebab timbulnya getaran, apabila bagian pedal rem bermasalah maka saat dipijak akan menyebabkan getaran. Oleh karena itu pastikan piringan rem dalam kondisi yang baik dan rata, selain itu piringan rem yang bermasalah juga akan menyebabkan kecelakaan selama berkendara dan hal ini lebih berbahaya dibandingkan getaran yang dihasilkan.

Bagian mesin juga dapat menjadi penyebab mobil bergetar selain bagian kaki - kakinya dan karena bagian ini merupakan bagian yang paling berat maka bila mesin bermasalah akan menimbulkan getaran yang besar. Disinilah pentinganya bagian dudukan mesin (engine mounting) dalam menahan getaran mesin.

Apabila ada getaran yang cukup besar berasal dari balik kap mesin, maka hal pertama yang harus Anda periksa kondisi komponen yang terbuat dari plat dan bahan karet ini sudah usang atau sobek. Bila hal ini terjadi maka segera bawa mobil ke bengkel, biasanya mobil Anda akan dicek getaran mesinnya menggunakan alat ukur getaran vibration meter.

Saat getaran terlalu besar maka akan dilakukan perbaikan. Bagian terakhir yang harus Anda perhatikan adalah bodi mobil dan kompartemen yang ada di bagian kabin, hal ini karena getaran dan suara berisik dapat berasal dari benturan benda keras di balik pintu. Selain itu gesekan antar komponen berbahan plastik yang ada di area dasbor juga dapat menyebab getaran pada mobil.

0 Response to "Mengatasi Getaran Pada Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel