Pengertian Breakdown Maintenance Pada Dunia Industri

Pengertian Breakdown Maintenance Pada Dunia Industri - Setiap mesin yang digunakan dalam proses suatu industri tentunya memiliki masa penggunaan yang beragam, sehingga membutuhkan perawatan. Ada beberapa jenis perawatan mesin yaitu Predictive maintenance, Preventive Maintenance dan Breakdown Maintenance.

Pengertian Breakdown Maintenance

Breakdown maintenance adalah jenis perawatan pada mesin yang sudah rusak sehingga tidak dapat beroperasi kembali.

Secari garis besar, breakdown maintenance merupakan perawatan ketika mesin mengalami kerusakan mendadak sehingga harus dilakukan perbaikan tanpa perencanaan. Faktor kerusakan pada mesin pun bervariasi seperti kurangnya perawatan, human error dan masa waktu penggunaan mesin yang terlalu lama.

Salah satu contohnya adalah ketika mesin pompa sedang dijalankan tiba-tiba couple bagian penghubung dengan poros penggerak tiba-tiba lepas karena baut kendor sehingga menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian.

Banyak engineer yang beranggapan, breakdown maintenance bukanlah pemeliharaan mesin melainkan perawatan mesin dimana komponen yang rusak harus segera diganti dengan yang baru agar kondisi mesin kembali stabil.

Secara definisi, pemeliharaan pada mesin yaitu suatu tindakan Analisa untuk menghindari kerusakan pada mesin industri. Sedangkan perawatan dilakukan setelah mesin dinyatakan rusak sehingga harus diperbaiki.

Fokus dari breakdown maintenance yaitu mencari solusi agar mesin dapat segera diperbaiki dan dapat dijalankan kembali serta tidak terulang kembali pada kerusakan yang sama. Pada umumnya, breakdown maintenance dilakukan dengan mengganti komponen yang bermasalah agar mesin dapat kembali beroperasi.

Berbeda dengan predictive dan preventive maintenance yang harus melakukan Analisa kerusakan terlebih dahulu sebelum mengganti komponen.

Maka dari itu, biaya yang dikeluarkan ketika breakdown maintenance jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya untuk predictive dan preventive maintenance. Hal ini dikarenakan kerusakan mesin terjadi secara mendadak dan harus segera diperbaiki dalam waktu yang singkat sehingga tidak mengganggu pada proses produksi.

Namun, perawatan ini juga memiliki kekurangan yaitu kemungkinan kerusakan dapat terulang kembali karena fokus perbaikan hanya pada titik komponen mesin yang rusak saja bukan di seluruh bagian mesin.

Supaya tidak terulang kembali, sangat disarankan melakukan perawatan mesin secara berkala agar kondisi mesin tetap stabil dan jika terjadi kerusakan dapat segera ditangani, sehingga tidak terjadi kerusakan secara mendadak.

0 Response to "Pengertian Breakdown Maintenance Pada Dunia Industri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel