Makanan Yang Mengandung Enzim

Makanan Yang Mengandung Enzim - Di dalam tubuh kita, enzim memegang peranan penting dalam berbagai proses yang terjadi dalam tubuh kita. Salah satu proses penting yang membutuhkan kerja maksimal dari enzim adalah proses pencernaan kita.

makanan yang mengandung enzim

Enzim pencernaan ini sangat dibutuhkan tubuh dalam memecah makanan menjadi protein, karbohidrat, lemak dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Walaupun organ tubuh kita seperti halnya usus halus yang dapat memproduksi enzim sendiri, namun tubuh kita tetap membutuhkan suplai enzim dari makanan yang kita konsumsi. Kekurangan enzim pencernaan dapat menyebabkan kita mengalami sindrom iritasi usus (IBS).

Kandungan enzim dalam makanan yang kita makan tentu hanya dapat diketahui dengan cara diteliti. Untuk mengetahuinya peneliti akan menggunakan bantuan alat yang bernama polarimeter untuk mengetahui kandungan enzim di dalamnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung enzim :

1. Nanas

Nanas sangat kaya akan enzim yang bernama bromelain, enzim ini berguna untuk membantu dalam pemecahan protein ke dalam blok bangunan, termasuk asam amino, dengan membantu pencernaan dan penyerapan protein. Selain itu enzim tersebut juga bermanfaat dalam mengobati peradangan dan nyeri artritis.

2. Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang hampir serupa dengan enzim bromelain. Enzim papain juga berguna dalam membantu pemecahan protein, enzim papain juga merupakan salah satu enzim alami yang paling efektif yang dapat membantu dalam pemecahan daging yang kita makan.

3. Mangga

Mangga mengandung enzim Amilase yang membantu dengan pematangan mangga, mungkin Anda juga pernah melihat buah mangga yang dibiarkan begitu saja akan melunak seiring berjalannya waktu. Hal ini adalah akibat dari adanya kerja enzim amilase. Enzim amilase berguna untuk memecah pati agar lebih mudah tubuh Anda dalam menyerap makanan yang terbuat dari tepung, enzim ini pula yang membuat mangga menjadi lebih manis saat matang.

4. Madu

Madu mengandung enzim yang memecah protein dan karbohidrat seperti halnya enzim amilase, sukrase dan protease. Sementara sukrase berguna dalam proses pemecahan gula, enzim protase akan membantu memecahkan protein menjadi asam amino dan amilase memecah karbohidrat.

5. Pisang

Buah pisang juga mengandung enzim amilase dan maltase selain kaya akan kalium. Enzim amilase ini berguna untuk memecah karbohidrat, enzim maltase digunakan untuk memecah gula malt dalam tubuh yang memungkinkan sistem pencernaan untuk dengan mudah memproses makanan. Pisang juga akan menambah bakteri usus yang sehat di tubuh Anda dan mengurangi kembung, seperti halnya buah mangga yang mengandung enzim pemecah pati menjadi gula yang membuat pisang berwarna kuning saat matang.

6. Buah Kiwi

Enzim actinidin yang terkandung dalam buah kiwi akan membantu memecah protein yang ditemukan dalam jenis makanan tertentu seperti halnya daging merah, telur, susu dan ikan. Enzim actinidin juga dikenal untuk membantu pencernaan, mengurangi kembung dan mengatasi sembelit.

7. Jahe

Jahe mengandung protease zingibain yang membantu memecah protein dalam makanan, karenanya jahe juga digunakan sebagai obat selain sebagai bumbu masakan. Jahe membantu makanan bergerak lebih cepat melalui perut sehingga akan membantu melancarkan proses pencernaan. Karenanya jahe juga banyak dijadikan wedang jahe secara langsung maupun wedang jahe bubuk.

0 Response to "Makanan Yang Mengandung Enzim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel