Manfaat Daun Mint

Manfaat Daun Mint - Daun mint dengan citarasa yang khas ini juga memiliki keunikan dari rasanya yang menyegarkan, selain itu bila Anda mengkonsumsinya maka daun mint akan memberikan sensasi dingin di mulut. Hal ini membuat daun mint kerap dijadikan bahan tambahan untuk memperkaya rasa dalam makanan maupun minuman.

Manfaat Daun Mint

Selain biasa digunakan sebagai penghias sajian makanan, daun ini juga sering dijadikan sebagai bahan pendukung pembuatan permen mint atau pasta gigi. Tidak hanya itu saja, daun mint yang termasuk kelompok tanaman herba ini turut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk Anda yang menyukai aroma mint pada makanan, minuman atau bahkan produk-produk jenis lainnya, maka Anda adalah orang yang beruntung. Ternyata kebaikan daun mint untuk kesehatan tubuh ada banyak, di antara adalah :

Manfaat Daun Mint

1. Baik untuk kesehatan gigi

Pasta gigi dan obat kumur yang diperkuat oleh dasar daun mint tentu mudah untuk Anda jumpai. Selain dapat memberikan efek segar, kandungan daun mint yang ada pada pasta gigi dan obat kumur juga mempunyai fungsi membunuh bakteri jahat yang menempel di gigi, gusi, dan dinding mulut.

2. Melegakan pernapasan

Kandungan mentol yang ada di dalam daun mint mampu melegakan saluran pernapasan hidung dan mengencerkan lendir pada hidung. Oleh karena itu, tanaman ini dapat digunakan untuk mengurangi gejala alergi terhadap partikel di udara seperti debu dan serbuk bunga.

3. Mengatasi masalah ketombe

Beberapa produsen produk kecantikan menjadikan daun ini sebagai bahan dasar shampo, karena aromanya yang segar dan bersifat menenangkan. Tidak hanya itu saja, daun mint juga dapat mengatasi masalah ketombe pada rambut serta menyegarkan kulit kepala.

4. Meredakan sakit perut

Anda dapat mencoba meminum teh daun mint untuk meredakan sakit perut yang mengganggu. Cara membuatnya tergolong mudah, cukup dengan menyeduh satu sendok makan daun mint ke dalam secangkir air panas. Kandungan mint yang ada di dalam teh daun mint dapat melemaskan otot-otot saluran pencernaan dan mengurangi kram perut.

5. Sebagai scrub untuk kaki

Minyak esensial yang terbuat dari daun mint dapat dijadikan sebagai scrub untuk kaki Anda. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 6 tetes minyak esensial mint dengan 1 gelas garam laut dan 1/3 cangkir minyak zaitun. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, scrub yang terbuat dari minyak esensial daun mint ini dapat meredam nyeri otot pada kaki Anda.

6. Meredakan sakit kepala

Sakit kepala biasanya muncul saat Anda mengalami stres atau cemas yang berlebihan. Siapa yang menyangka bahwa Anda dapat mengatasinya dengan minyak mint. Pada sebuah penelitian, dengan mengoleskan minyak mint pada dahi dan pelipis dapat meredakan rasa sakit kepala. Sakit kepala akibat mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan juga dapat diredakan dengan olesan minyak mint di sekitar pelipis.

Daun mint memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun begitu, penggunaan daun mint juga dapat memberikan efek samping. Efek samping dari produk berbahan daun mint dapat berupa timbulnya rasa gatal-gatal, sesak napas akibat alergi, hingga menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati. Segera konsultasikan kepada dokter apabila timbul efek samping atau keluhan awal yang ingin diredakan justru menjadi semakin parah.

0 Response to "Manfaat Daun Mint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel