Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau - Siapa yang tidak suka makan bubur kacang hijau? Selain dalam bentuk bubur, kacang hijau juga dapat disajikan dalam bentuk lain seperti bakpia atau onde - onde. Namun, apakah Anda mengetahui apa saja manfaat kacang hijau untuk kesehatan?

Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi padi atau beras. Tanaman ini juga biasa dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiata sebagai nama ilmiahnya. Kacang hijau biasa ditemukan dan diproduksi di negara China, India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Berikut adalah beberapa manfaat kacang hijau yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Hijau

1. Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi mengungkapkan jika kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Ini dikarenakan kacang hijau mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, serta mengurangi pembengkakan.

2. Mencegah kanker

Pada suatu penelitian medis mengungkapkan jika kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, kacang hijau mengandung polyphenol serta oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan sel kanker.

3. Kaya protein

Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85% dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung di dalam kacang hijau berfungsi sebagai anti-pembengkakan dan dapat membantu meningkatkan imun serta menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Banyak penelitian yang menyatakan dengan mengkonsumsi kacang hijau bisa meningkatkan cholecystokinin yang merupakan hormon yang akan membuat seseorang dapat merasakan kenyang. Ini karena kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Kacang hijau dapat membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang memicu gejala-gejala pada saat PMS. Karena didalam kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

7. Melancarkan pencernaan

Masyarakat di India mengonsumsi kacang hijau sebagai penambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di dalam perut. karena kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun didalam tubuh.

8. Mencerahkan wajah serta mengurangi jerawat

Kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, hal ini telah lama diyakini oleh masyarakat China. Kandungan phytoestrogen dalam kacang hijau berkhasiat menunda penuaan dini.

9. Membersihkan tubuh dari racun

Kacang hijau banyak mengandung protein, tanin dan flavonoid yang sangat efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri serta besi dari dalam tubuh.

0 Response to "Manfaat Kacang Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel