Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau - Teh hijau merupakan minuman yang berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis, minuman ini pada awalnya berasal dari Tiongkok. Teh hijau dapat disajikan dalam keadaan panas, dingin, dicampur madu, atau dijadikan teh tubruk tanpa gula. Tidak hanya nikmat untuk diminum saja, Anda juga dapat memetik manfaat teh hijau dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Manfaat Teh Hijau

Kandungan teh hijau yang baik untuk tubuh

Salah satu manfaat teh ini yang baik untuk tubuh berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan mempunyai kegunaan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang berlebih dapat merusak sel-sel tubuh, sehingga dapat menyebabkan penuaan dini serta menimbulkan penyakit, seperti kanker.

Manfaat teh hijau lainnya yaitu dari senyawa katekin yang terkandung di dalamnya. Senyawa katekin pada teh hijau mempunyai dampak yang baik dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel dalam tubuh. Selain senyawa katekin, teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein.

Manfaat Teh Hijau untuk kesehatan

Manfaat dari teh ini untuk mengatasi penyakit belum ada yang sepenuhnya terbukti kuat. Namun, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi teh hijau secara teratur dan dalam porsi yang wajar untuk menjaga kesehatan. Beberapa manfaat teh hijau yang dipercaya dapat diperoleh tubuh apabila rutin mengkonsumsinya adalah :

1. Menurunkan kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian menyimpulkan, jika teh hijau baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Hasil dari studi lain menyatakan, jika polifenol dalam teh hijau kemungkinan mampu menghalangi kolesterol diserap oleh usus sekaligus membantu menyingkirkannya.

Beberapa penelitian lain menyimpulkan bahwa antioksidan di dalam teh hijau mempunyai kemungkinan efektif untuk mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, khususnya pada penyakit arteri koroner.

2. Melawan sel kanker

Para peneliti mengungkapkan bahwa polifenol mempunyai peran dalam membantu membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan kanker. Pada percobaan pada laboratorium dan pada binatang, kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti mampu mengurangi pertumbuhan tumor.

Untuk kaum wanita, mengkonsumsi teh hijau secara rutin kemungkinan dapat menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium. Sayangnya, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh mengenai efek teh hijau pada kanker.

3. Mencegah diabetes

Teh hijau memiliki pengaruh yang baik terhadap penyakit diabetes. Penelitian menunjukkan jika manfaat teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin serta dapat membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

4. Menurunkan berat badan

Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa teh hijau bermanfaat dalam membakar lemak serta dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Para peneliti menunjuk katekin yang ada dalam teh hijau sebagai bahan yang bertanggung jawab dalam membakar lemak tubuh. Namun studi tentang ini masih belum signifikan dan masih perlu pembuktian lebih lanjut lagi.

5. Menstabilkan tekanan darah

Salah satu studi penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi teh hijau terlihat mempunyai kadar tekanan darah yang lebih rendah dan terkontrol dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi teh hijau. Meski demikian, hasil penelitian ini masih perlu dipastikan dengan penelitian yang lebih lanjut.

Yang harus diperhatikan yaitu tidak hanya satu makanan atau minuman yang dapat melindungi seseorang dari penyakit. Meski kita mendapatkan manfaat teh hijau dengan meminumnya setiap hari, semua akan sia-sia apabila gaya hidup kita tetap buruk. Untuk menjaga kesehatan kita juga harus memperhatikan pola makan, rutin berolahraga, tidur yang cukup dan mengelola tingkat stres dengan baik, jadi tidak hanya menggantungkan pada asupan 1 makanan saja.

0 Response to "Manfaat Teh Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel