Pengaruh Iklim Terhadap Tanah

Pengaruh Iklim Terhadap Tanah - Iklim merupakan suatu kondisi dimana suhu, presipitasi (curah hujan), kelembaban dan faktor yang berhubungan dengan cuaca hanya dapat berubah dalam jangka waktu yang panjang. Berbeda dengan cuaca yang dapat berubah dalam beberapa jam saja, iklim membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berubah.

Pengaruh Iklim Terhadap Tanah

Iklim juga akan berpengaruh terhadap proses pembentukan tanah, faktor iklim yang paling berpengaruh terhadap pembentukan tanah adalah suhu dan curah hujan.

Tanah terbentuk dari berbagai bahan induk seperti bahan organik maupun mineral, yang terbentuk melalui berbagai macam proses. Bahan induk yang membentuk tanah berasal dari pelapukan batuan yang ada di lapisan bumi kita. Pelapukan batuan ini dapat terjadi karena faktor suhu maupun kelembaban udara.

Pengaruh Iklim Terhadap Tanah

Proses pelapukan batuan karena faktor suhu ini disebut dengan pelapukan mekanis atau fisik, bila suhu udara terlalu tinggi maka batuan akan memuai dan saat suhu rendah maka batuan akan menyusut. Bila terjadi hanya sekali atau dua kali maka pemuaian sebenarnya tidak terlalu berarti, namun bila terjadi secara terus - menerus dan kontinyu maka akan memberikan dampak besar juga.

Batuan yang telah hancur karena pelapukan fisik atau mekanis maka selanjutnya batuan akan mengalami pelapukan secara kimiawi. Pelapukan kimia menyebabkan mineral terlarut dan mengubah strukturnya sehingga mudah terfragmentasi dan dengan adanya air hujan, maka proses pencucian tanah berlangsung cepat sehingga pH tanah tidak terlalu basa.

Karena tanah yang bersifat masam umumnya merupakan tanah yang banyak mengandung humus, tingkat pH tanah sendiri dapat Anda ukur menggunakan soil pH meter. Kondisi alam seperti suhu udara, tekanan udara, kelembaban, keadaan awan dan presipitasi pada setiap tempat di bumi ini cenderung berbeda. Keadaan yang berubah - ubah dari unsur - unsur meteorologi dan atmosfer inilah yang kita sebut sebagai cuaca.

Perubahan iklim sendiri merupakan perubahan yang terjadi secara bertahap dan faktor utama yang menyebabkan perubahan iklim adalah letak geografis suatu wilayah, keadaan vegetasi dan aktivitas manusia yang tinggal di wilayah tersebut.

Dengan meningkatnya suhu udara di permukaan bumi sekitar 2 - 5◦C dalam kurun waktu 100 tahun akibat adanya emisi gas rumah kaca seperti saat ini akan mengakibatkan perubahan iklim. Hal ini sudah dikaji dalam Intergovermental Panel on Climate Change (IPCC) dalam sidang Second World Climate Programme (SWCP) Oktober 1990 di Genewa.

0 Response to "Pengaruh Iklim Terhadap Tanah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel